Sejarah dan Perkembangan Perbandingan Administrasi Negara

Perbandingan Administrasi Negara atau Publik adalah disiplin ilmu yang baru, masih muda jika dibandingkan dengan Ilmu Perbandingan Politik yang  merupakan ilmu yang ditemukan asalnya pada zaman Aristoteles. Pada masa awalnya, sebelum permulaan abad XX Studi Perbandingan Administrasi Negara (SPAN) itu terjalin di dalam studi ilmu Pemerintahan. Kemudian pasca PD II pernyataan Robert A. Dahl dalam bukunya "The science of public administration: Three problems." Public administration review 7 (1) (p: 1--11) menyatakan bahwa studi Perbandingan Administrasi Negara (Publik) mulai menarik perhatian sejak awal kelahiran Perbandingan Administrasi Negara. 

Konferensi Princeton (1952) adalah yang membahas lebih mendalam masalah penelitian atau riset dengan metode pembelajaran yang sistematik dari Comparative Public Administration (perbandingan administrasi negara). Setelah diselenggarakan konferensi pada 1952 tersebut, perhatian terhadap SPAN semakin meningkat secara signifikan, terbukti semakin banyaknya karya tulis dalam Perbandingan Administrasi Negara yang dipelopori William J. Siffin (1957), dan sejak 1957 itulah hingga kini Ilmu Perbandingan Administrasi Negara terus mengalami perkembangannya. 

Istilah Perbandingan dalam Ilmu Administrasi Negara Perbandingan, terkandung pengertian mengajarkan serta menarik segi persamaan dan atau perbedaan dari gejala atau fenomenon atau sasarannya. Sedangkan Administrasi dalam pengertian yang sangat lazim, khususnya tentang Administrasi Negara dan Ilmu Politik umumnya, dimaksudkan sebagai suatu gejala kehidupan dalam masyarakat yaitu sekelompok manusia warga negara yang beraktivitas guna mewujudkan tujuan tertentu. 

Batasan Permasalahan untuk Dibahas
  1. Apa Pengertian dan Ruang Lingkup Perbandingan Administrasi Negara ?
  2. Bagaimana Perkembangan Perbandingan Administrasi Negara ?

Tujuan Pembelajaran

Setelah Mengikuti Tutorial, Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan:
  1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Perbandingan Administrasi
  2. Menjelaskan Perkembangan Perbandingan Administrasi Negara

Pengertian dan Ruang Lingkup Perbandingan Administrasi Negara

Dalam studi Perbandingan Administrasi Negara terkandung aspek yang relevan, yakni Administrasi Negara? Administrasi Negara dengan pengertian umum tentang bagaimana lembaga Negara tumbuh dan hidup dalam negara menjalankan fungsinya. Administrasi Negara bukan merupakan bidang studi yang memiliki pengertian serta sifat umum dan berdiri sendiri, tetapi merupakan bidang studi yg tidak diterapkan dalam negara dengan multidisipliner. Atau dengan kata lain administrasi negara pada hakekatnya merupakan salah satu aspek dari administrasi yang fokus pembahasannya pada bidang penyelenggaraan pemerintahan atau layanan publik.

Unsur-unsur Administrasi sebagai induk Administrasi Negara:
  • Proses penyelenggaraan
  • Kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari satu orang (organisasi)
  • Pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
  • Unsur-unsur Administrasi Negara:
  • Proses penyelenggaraan dalam bidang tertentu, yaitu negara
  • Kerja sama antarberbagai lembaga negara yang terdapat dalam negara sebagai suatu institusi
  • Pencapaian tujuan negara, merupakan cita-cita dari seluruh warga negara .
Jika demikian, maka pengertian Administrasi Negara mengandung pengertian kolektif yang meliputi segenap proses penyelenggaraan negara sebagai orang yang terdiri dari lembaga-lembaga beserta fungsinya masing-masing yang tumbuh dan hidup dalam negara dan semuanya diarahkan untuk mencapai tujuan negara. Setiap negara tidak menggunakan cara yang sama, juga yang menjadi tuntutan atau cita-cita dari warga negara, hal ini didasarkan kepada kebutuhan masing-masing negara sebagai konsekuensi logis adanya perbedaan kebutuhan. Dengan demikian terdapat perbedaan pula dalam pengaturan Administrasi Negara di lain-lain negara, baik dalam menyiapkan alat-alat pelengkap sebagai sarana pencapaian tujuan.

Perkembangan Perbandingan Administrasi Negara        

Untuk mengembangkan Studi Perbandingan Administrasi Negara (untuk kebutuhan pragmatis), studi ini dikembangkan terutama pasca PD II di negara-negara developing countries (negara-negara berkembang) di benua Eropa dalam PBB meluaskan bantuan teknisnya (ekonomis dan administrasi) ke negara sedang berkembang. Bantuan bidang Administrasi Negara dalam bentuk mengadakan latihan yang diselenggarakan PBB/negara maju dengan mengirimkan tenaga ahli ke negara berkembang. Berupa pengalaman praktis di negara mereka masing-masing dari teori Administrasi yg tumbuh di Eropa.

Sebelum awal abad ke 20, Administrasi Negara belum memiliki identitas karena masih terjalin dalam Studi Pemerintahan dengan Structural Institutional Approach bersifat legalitas, formalitas dan statis, yaitu mempelajari lembaga institusional yang ditetapkan secara formal sesuai ketentuan di bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Administrasi Negara erat terkait denan bidang eksekutif. 

Tahun 1947 Administrasi Negara Perbandingan dikembangkan, namun masih menjadi bagian Ilmu Perbandingan Pemerintahan yang terikat dengan pendekatan struktural institusional, di samping individualistik sebagai menghambat perkembangan ilmu Administrasi Negara Perbandingan.

Namun studi Sistem Administrasi Negara sudah dapat memberikan manfaat, walaupun masih sebagai titik awal perkembangannya. Cara ini belum memberikan hasil guna memperkuat kedudukan Ilmu Administrasi Negara Perbandingan dengan azas universal atau bersifat umum. Sistem Administrasi Negara suatu negara adalah terikat pada prinsip-prinsip Culture Bound (terikat pada lingkungan kebudayaan negara tersebut) yang menunjukkan sifatnya yang masih indifidualistis.  Sondang P. Siagian dalam bukunya Filsafat Administrasi, bahwa tahun 1886 adalah tahun lahirnya manajemen modern (ilmiah) - Scientific Management - yang dipelopori Frederick Winslow Taylor, kelahiran manajemen modern ini adalah sebagai mile pole (lahirnya ilmu Administrasi) dan antara tahun 1886-1950 adalah tahap survive.



bahan bacaan:

http://www.drtomoconnor.com/4090/4090lect01.htm
Anggara, Sahya. Perbandingan Administrasi Negara
Indiahono, Dwiyanto. Perbandingan Administrasi Publik.
Kadarwati, Tri. Perbandingan Administrasi Negara, Karunika, Jakarta, 2008
Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon